Pengembangan
sekolah adalah salah satu aspek yang dipelajari dalam bidang Manajemen
Pendidikan atau pemajuan kondisi sekolah secara fisik dan nonfisik agar sekolah
tersebut memiliki kualitas yang lebih baik. Perubahan dapat diberikan pada sisi
kuantitatif dan kualitatif. Pengembangan sekolah pada segi kuantitatif
misalnya, dapat dilihat dengan pertambahan luas, kapasitas/daya tampung, jumlah
siswa dan guru, fasilitas sekolah, dll.
Sementara pengembangan pada segi kualitatif dapat diarahkan pada semakin kokohnya karakter siswa, siswa semakin termotivasi untuk belajar yang dapat dilihat dengan meningkatnya prestasi akademik dan non akademik siswa, semakin besar rasa ingin tahu siswa yang dibuktikan dengan luasnya wawasan siswa dalam menyampaikan pendapatnya, semakin bertambahnya semangat, etos kerja dan komitmen guru, semakin besarnya rasa memiliki sekolah, di kalangan siswa dan guru, dll.
Sementara pengembangan pada segi kualitatif dapat diarahkan pada semakin kokohnya karakter siswa, siswa semakin termotivasi untuk belajar yang dapat dilihat dengan meningkatnya prestasi akademik dan non akademik siswa, semakin besar rasa ingin tahu siswa yang dibuktikan dengan luasnya wawasan siswa dalam menyampaikan pendapatnya, semakin bertambahnya semangat, etos kerja dan komitmen guru, semakin besarnya rasa memiliki sekolah, di kalangan siswa dan guru, dll.
Pengembangan
sekolah tersebut juga meliputi ada tidaknya sarana dan prasarana, suatu sekolah
dikatakan berkembang maju juga harus telah memiliki sarana yang cukup untuk
kepentingan sekolah tersebut, begitu pula dengan prasarana.
Tapi
pengembangan
sekolah harus diiringi oleh sikap kekompakkan atau solidaritas
antara guru dengan siswa agar pengembangan tersebut tercipta, apabila
hanya
guru saja yang memiliki keinginan untuk berkembang sedangkan siswanya
tidak,
maka pengembangan sekolah tidak akan pernah terjadi, begitu pula dengan
sebaliknya. Oleh karenanya pengembangan akan lebih baik apabila lahir
dari
sebuah kesadaran masing-masing. Yang perlu dilakukan untuk pengembangan
sekolah adalah perencanaa, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan.
Setiap
kegiatan pendidikan di sekolah harus memiliki perencanaan yang jelas dan
realisitis, pengorganisasian yang efektif dan efisien, arahan dan motivasi
seluruh warga sekolah untuk selalu dapat meningkatkan kualitas kinerjanya, dan
pengawasan secara berkelanjutan
Pengembangan SMA Negeri 4 Palembang menuju SBI ( Sekolah Bertaraf Internasional ) mulai diwujudkan dengan adanya
pembangunan kontruksi SMA Negeri 4 Palembang yang baru. Dibawah pimpinan
Ibu Dra. Nursiawati Anggriani,M.M sebagai Kepala SMA Negeri 4 Palembang, sekolah ini mengalami perubahan yang sangat fantastis .Sekarang, SMA Negeri 4 Palembang sedang dalam proses renovasi. Dan dalam
proses untuk menjadi sekolah Internasional. Berikut gambar-gambar yang
dapat diambil pada saat proses renovasi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar